Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tulungagung Gelar Pelatihan Kue Basah dan Kering di Tanggunggunung

TULUNGAGUNG,– Kongkrit.com. Salah satu terobosan dalam rangka memberdayakan kelembagaan potensi dan pengembangan usaha mikro, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung menggelar pelatihan pembuatan aneka kue basah dan kue kering di Desa Ngepoh, Kecamatan Tanggunggunung.

Pelatihan yang digelar di gedung serbaguna di Dusun Bolu, Desa Ngepoh, Kecamatan Tanggunggunung ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tulungagung Dr, Slamet Sunarto, M melalui Kabid UMKM Ali Mustakim, S.sos, MM.

Di kesempatan itu, Ali Mustakim menyampaikan terimakasihnya kepada para peserta yang telah hadir mengikuti kegiatan pelatihan ini.

“Kami sampaikan terimakasih juga kepada bapak Andri Santosa anggota DPRD Tulungagung dan nara sumber yang telah ikut berpartisipasi sehingga kegiatan ini bisa terlaksana,” ucap Ali Mustakim dalam sambutannya, Rabu (27/07/2022).

Ditambahkannya, dengan adanya pelatihan ini ia berharap munculnya para pelaku usaha mikro di wilayah Desa Ngepoh. Yang mana nantinya bisa berkembang dan dapat membangkitkan serra membantu meningkatkan perekonomian di masyarakat.
Menurutnya, hal ini tidak akan terwujud tanpa adanya kolaborasi, dan inovasi dari para pelaku usaha itu sendiri.

Untuk itu pihaknya selalu mendukung para pelaku usaha mikro dengan memberikan pelayanan agar pelaku usaha mikro bisa berkembang.
Dalam hal ini pihaknya akan siap membantu dalam hal pengembangan usaha yakni bagaimana cara memasarkan produk tentunya dimulai dari pengurusan NIB lebih dulu yang sekarang ini bisa dilakukan dengan mudah melalui sistem online atau OSS.

“Nantinya kami siap mendampingi untuk mengurusnya, ibu – ibu ini bisa langsung datang ke kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM)
yang ada di Ngantru dan akan dilayani secara gratis. Yang mana kita ada, 5 jasa konsultan, pembiayaan SDM, keuangan, produk, dan pemasaran atau bisa melalui telephone petugas kami akan mendatangi pelaku usaha mikro,” tambahnya.

Sementara itu, Andri Santosa mewakili masyarakat Desa Ngepoh juga mengucapkan terimakasihnya atas apa yang telah diberikan salah satunya yakni berupa pelatihan dan ilmu pengetahuan tentang pendirian usaha dan marketing.

“Kami berterimakasih kepada pemerintah melalui dinas dinasnya atas perhatiannya demi meningkatkan ekonomi masyarakat. Dan kami berharap bukan hanya pelatihan saja, namun akan lebih senang bila nantinya para pelaku usaha mikro ini juga diberikan modal untuk mengembangkan usahanya,” harapnya.

Dalam kegiatan ini peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan diberikan pelatihan selama 2 hari yakni mulai hari ini Rabu 27/07/2022 hingga Kamis 28/07/2022.